Sabtu, 22 Mei 2010

Manusia dan Penderitaan


A. PENGERTIAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.

B. SIKSAAN
Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rohani. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbullan penderitaan.
Dalam kitab suci diterangkan jenis dan ancaman siksaan yang dialami manusia diakirat nanti, yaitu siksaan bagi orang-orang musyrik, syirik, dengki, memfitnah, mencuri, makan harta anak yatim, dan sebagainya. Siksaan yang sifatnya psikis misalnya kebimbangan, kesepian dan ketakutan.
Kebimbangan dialami oleh seseorang bila ia pada suatu saat tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan diambil.
Kesepian dialami oleh seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya sendiri atau jiwanya walaupun ia dalam lingkungan orang ramai.
Ketakutan merupakan bentuk lain yang dapat memyebabkan seseorang mengalami siksaan batin. Bila rasa takut itu dibesar-besarkan yang tidak pada tempatnya, maka disebut sebagai phobia.
Sebab-sebab yang menyebabkan seseorang merasa ketakutan, antara lain :   
  • Claustrophobia dan Agoraphobia Claustrophobia adalah rasa takut terhadap ruangan tertutup. Agoraphobia adalah ketakutan yang disebabkan seseorang berada ditempat terbuka.  
  • Gamang merupakan ketakutan bila seseorang ditempat yag tinggi. 
  • Kegelapan merupakan suatu ketakutan seseorang bila ia berada ditempat yang gelap. 
  • Kesakitan merupakan ketakutan yang disebabkan oleh rasa sakit yang akan dialami. 
  • Kegagalan merupakan ketakutan dari seseorang disebabkan karena merasa bahwa apa yang akan dijalankan mengalami kegagalan.

C. KEKALUTAN MENTAL
Kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan.
Sebab-sebab timbulnya kekalutan mental, antaralain sebagai berikut :
· Kepribadian yang lemah
· Terjadinya konflik social budaya
· Cara pematangan batin
Proses-proses kekalutan mental yang dialami oleh seseorang mendorongnya kearah
  1. Positif  : yang dialami dijawab secara baik sebagai usaha agar tetap survive dalam hidup.
  2. Negatif : trauma yang dialami diperlarut, sehingga yang bersangkutan mengalmi frustasi. Frustasi yaitu tekanan batin akibat tidak tercapainnya apa yang diinginkan. Bentuk frustasi :
1) Agresi
2) Regresi
3) Fiksasi
4) Proyeksi
5) Identifikasi
6) Narsismme
7) Autisme

D. PENDERITAAN DAN PERJUANGAN
Setiap manusia pasti mangalami penderitaan, baik berat maupun ringan. Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrati. Penderitaan dikatakan sebagai kodrat manusia, artinya sudah mengalami konsekwensi manusia hidup, bahwa manusia hidup ditakdirkan bukan hanya untuk bahagia, melaikan juga menderita.
Pembebasan dari penderitaan pada hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup. Caranya ialah berjuang menghadapi tantangan hidup dalam alam lingkungan, masyarakat sekitar, dengan waspada, dan disertai doa kepada Tuhan supaya terhindar dari bahaya dan malapetaka.

E. PENDERITAAN, MEDIA DAN SENIMAN
Dalam dunia modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu lebih besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan teknologi dan sebagainya menyejahterakan manusia dan sebagai lainnya manusia menderita. Beberapa sebab lain yang menimbulkan penderitaan manusia ialah kecelakaan, bencana alam, bencana perang dan lain-lain.
Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat pada masyarakat. Tetapi tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni, sehingga para pembaca, penonton dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni.

F. PENDERITAAN DAN SEBAB-SEBABNYA
Sebab-sebab timbulnya penderitaan sebagai berikut :
  • Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia ,Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan bruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia sengan alam sekitar.
  • Pederitaan yang timbul kerana penyakit, siksaan / azab Tuhan
Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau siksaan / azab Tuhan. Namun kesabaran, tawakal dan optimisme dapat merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu.

G. PENGARUH PENDERITAAN
Orang yang mengalami penderitaan mungkin aka memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negatif. Sikap negatif misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri. Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melaikan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar